Pada artikel sebelumnya mengenai bagaimana cara pemula mulai ngopi , kangkopi menceritakan tentang asal muasal bagaimana kangkopi memulai ng...

Kangkopi Mengawalinya dengan Robusta

Kangkopi Mengawalinya dengan Robusta

Kangkopi Mengawalinya dengan Robusta

8 10 99
Kopi Robusta - Kangkopi

Pada artikel sebelumnya mengenai bagaimana cara pemula mulai ngopi, kangkopi menceritakan tentang asal muasal bagaimana kangkopi memulai ngopi. Yang diawali dengan penasaran, dan menjadi menikmati rasa kopi.

Dari artikel tersebut kangkopi menyebutkan memulai kopi dengan robusta, kenapa harus robusta, kenapa bukan kopi hitam jenis lain. Kan masih ada banyak arabica yang bisa diminum. Atau kenapa tidak mencoba yang kopi instan. Wah, kalau instan kangkopi tidak menyarankan, minumlah kopi yang benar-benar kopi. Jelas ada ampasnya, meskipun dengan melalui proses penyeduhan nanti tanpa ampas karena tersaring oleh alat.

Kangkopi memulai minum kopi dengan kopi bubuk Robusta Gold by Excelso. Kopi ini dapat dibeli di swalayan terdekat atau beli online juga banyak. Kopi robusta ini dikemas dalam kantong dengan berat bersih 200gram. Jika anda memiliki grinder atau penggiling kopi, kangkopi sarankan untuk membeli yang masih dalam bentuk biji. Namun jika tidak punya grinder boleh lah beli yang bubuk, namun dengan catatan harus segera dihabiskan atau aromanya akan beda, dan rasanya kurang kuat.
Ciri khas rasa kopi Robusta adalah pekat dan agak pahit. Pasalnya, kandungan kafeinnya lebih tinggi dibandingkan kopi Arabika, yaitu hingga 2,2%. Cita rasa dan aroma kopi ini sangat kuat, mirip dengan cokelat, teh hitam, dan kacang-kacangan. Setelah diolah menjadi minuman, beberapa jenis kopi Robusta wanginya agak seperti kayu. Biasanya kopi Robusta digunakan sebagai bahan kopi instan.  Nah jadi yang sudah terbiasa minum kopi instan coba deh beralih ke kopi beneran.
Dengan mencoba kopi robusta, paling tidak kita dapat merasakan rasa dasar yang ada pada kopi, yaitu pahit. Dan hampir semua robusta sama rasanya pahit, namun rasa "arang" nya berbeda-beda. Cobalah setiap hari hingga sebulan untuk mengenal kopi hitam pahit ini, setelah itu baru mencoba bermain-main ke kafe, dengan jenis biji kopi yang berbeda. Dan rasakan sensasinya. Hidup itu seperti minum kopi, kalau tidak bisa menikmati ya pahit.

Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/jenis-biji-kopi-arabika-robusta/

0 komentar:

Selamat Menikmati Kopi Bersama kangkopi