Ketika membaca tulisan ini apakah anda belum pernah sama sekali ngopi? Atau memang sedang penasaran bagaimana kangkopi mulai ngopi untuk per...

Cara Pemula Mulai Ngopi

Cara Pemula Mulai Ngopi

Cara Pemula Mulai Ngopi

8 10 99
Cara Pemula Mulai Ngopi - kangkopi

Ketika membaca tulisan ini apakah anda belum pernah sama sekali ngopi? Atau memang sedang penasaran bagaimana kangkopi mulai ngopi untuk pertama kali. Atau anda memang seorang penggemar dan penikmat kopi yang memang sedang asyik berselancar dan terdampar kesini. Bagi yang belum pernah ngopi sama sekali, kangkopi sarankan untuk membaca artikel sebelumnya tentang efek kopi. Karena bagi yang sudah pengalaman ngopi, apalah arti efek, karena nikmatnya sungguh menutupi efek kopi tersebut.

Sungguh unik ketika bertanya bagaimana cara pemula memulai ngopi. Namun dalam artikel ini kangkopi akan cenderung menceritakan bagaimana kangkopi memulai menikmati kopi. Ya meskipun diawali dengan keterpaksaan yang ditimbulkan oleh penasaran.

Jaman sekarang adalah era dimana mudah dalam berbagi informasi, sehingga jangan mudah terpercaya apapun itu sebelum mengetahuinya sendiri. Pada waktu itu kangkopi dapat informasi tentang manfaat kopi lewat media komunikasi whatsapp antara lain : 
1. Membantu daya ingat
Kopi hitam dipercaya dapat membantu otak untuk tetap aktif, meningkatkan daya memori. menjaga saraf tetap aktif, dan mencegah demensia.

2. Diklaim membantu fungsi kognitif otak
Kafein adalah stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan fungsi kognitif seseorang.

3. Membantu membersihkan saluran pencernaan
Kopi adalah minuman diuretik, dengan minum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri dapat dengan mudah ikut terbawa bersama feses yang dibuang.

4. Membantu mengurangi berat badan
Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah membantu menurunkan berat badan. Minuman ini membantu meningkatkan metabolisme hingga 50 persen, yang membuat Anda lebih banyak berolahraga. Kopi hitam juga membantu membakar lemak di perut.

5. Membantu mencegah penyakit jantung
Ketika Anda minum kopi hitam tanpa gula, dapat menguntungkan organ jantung Anda. Kopi mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Dengan demikian mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

6. Menguatkan antioksidan dalam tubuh
Kopi hitam diklaim memiliki efek antioksidan. Secangkir kopi mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium.

7. Mengurangi resiko diabetes
Minum kopi hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ini adalah minuman yang ampuh untuk mengatur kadar insulin dalam tubuh.

8. Membantu mencegah kanker
Ucapkan selamat tinggal pada kanker dengan minum dua cangkir kopi hitam tanpa gula. Minuman ini mengandung sifat anti-kanker yang membantu menurunkan resiko kanker kolorektal, dan dapat menurunkan resiko kanker hati hingga 40%.

9. Menjaga mood
Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah dapat membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap muda. Minum ini dua kali sehari, bisa mencegah penyakit Parkinson. Karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Dopamin juga dapat secara efektif meningkatkan suasana hati Anda. Ini juga merupakan obat terbaik untuk mencegah depresi.

Dibalik manfaatnya, kopi hitam tanpa gula juga ternyata dapat menimbulkanefek samping bagi sebagian orang. Berikut 7 Efek negatif terlalu banyak minum kopi:
  • Meningkatkan kecemasan,dan dapat mengganggu pola tidur seseorang (insomnia).
  • Kafein berinteraksi dengan beberapa obat, termasuk obat tiroid, obat psikiatrik dan depresi, antibiotik Cipro, dan obat mulas Tagamet.
  • Bagi beberapa orang, kopi dapat meningkatkan kadar gula darah dan tekanan darah, karena bagi mereka dengan diabetes tipe 2 tubuhnya akan kesulitan mengelola insulin mereka.
  • Kafein berpotensi menyebabkan pelemahan tulang belakang pada wanita pasca menopause jika mereka biasanya minum lebih dari tiga cangkir, atau 300 mg kafein, sehari, tetapi tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan mereka. Seorang wanita yang lebih tua harus memastikan dia mendapatkan setidaknya 800 mg kalsium setiap hari melalui makanan atau suplemen, untuk mengimbangi efek kafein pada kalsium,
  • Kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung dalam tubuh seseorang dan dapat mengakibatkan masalah pencernaan bagi beberapa orang.
  • Bagi seseorang yang memiliki keluhan kolesterol tinggi mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula sangat tidak dianjurkan, karena kopi mengandung cafestol dan kahweol, minyak yang meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh.
Namun kangkopi tidak serta merta mengamini semua itu, dan rasa penasaran karena manfaat tersebut kangkopi mulai memaksakan diri untuk minum kopi. Awal minum kopi hitam yang dinikmati adalah Robusta Gold by Excelso Coffee, kopi bubuk versi premium buatan Santos Abadi Jaya yang terkenal akan Kopi Kapal Api nya. Kangkopi beli kopi bubuk tersebut dengan kemasan 200gr, dan bertekad untuk menghabiskan dalam 1 bulan dengan takaran sehari 1 cangkir kopi. Tanpa basa basi, dan mengetahui bagaimana rasanya, ya begitulah robusta yang tebal pada body nya, alias pahit dan pahit selama yang kangkopi rasakan. Ah apalah arti pahit, karena setelah 1 bulan habis kangkopi juga akan mulai mencoba ngopi di kafe.
Waktu berjalan hari demi hari, dan ternyata sudah merasakan efek bahwa kopi ini bagus untuk pencernaan. Kangkopi tidak merasakan terjadi susah buang air besar ataupun diare, jadi pas-pasan saja. Selain itu berat badan juga terjaga karena pola makan terjaga pula dengan minum kopi hitam. 
Kafe pertama tempat ngopi kangkopi adalah Anomali Coffee yang berada di Jl. Kemang Raya Jakarta Selatan, dan teringat waktu itu diajak teman kerja yang ingin mengetahui bagaimana lidah kangkopi ketika merasakan kopi yang "baru" dinikmati selain Robusta Gold tadi. Pesanlah disana French Press dengan biji kopi Jawa. Kopi tersajikan, dan kangkopi meminum kopi tersebut. Kemudian sang teman bertanya, bagaimana rasanya, kangkopi merasakan bukan pahit, malah sedikit sekali rasa pahitnya, namun asam yang sangat tinggi sekali, serta ada sedikit rasa buah. Komentar kangkopi ternyata didengar oleh sang barista. Tidak lama kemudian sang barista datang ke meja kangkopi dan menyodorkan kopi Jawa juga, namun dengan proses v60, dan gratis, tentu saja sang barista ingin mengetahui bagaimana rasa v60 yang baru saja disajikan. Kangkopi langsung saja berujar, wah, jauh lebih enak, rasa buah yang lebih terasa dan ada sedikit berry. Sang barista pun tersenyum dan mengucap terima kasih serta kembali ke area kerjanya. Setelah itu, rajinlah ngopi di sana dan sesekali mencoba biji kopi yang lainnya, namun pilihan kopi tetap pada kopi Jawa.
Begitulah kira-kira pengalaman pertama kangkopi ngopi, di usia berapa pertama kali ngopi? di usia 30 tahun. Tidaklah terlambat untuk mencoba kopi hitam tanpa gula, karena memang itu yang bagus bagi tubuh. Untuk selera biji kopi mungkin tiap orang berbeda, jadi kalau anda suka biji kopi apa?

Sumber :
https://coffeeland.co.id/manfaat-dan-efek-samping-mengkonsumsi-kopi-hitam-tanpa-gula-setiap-hari/

0 komentar:

Selamat Menikmati Kopi Bersama kangkopi