Apapun yang berhubungan tentang meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh sangat laku sekali di saat pandemi covid-19 ini. Salah satu merk...

Apakah Kopi dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

Apakah Kopi dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

Apakah Kopi dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

8 10 99
Kopi dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - kangkopi

Apapun yang berhubungan tentang meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh sangat laku sekali di saat pandemi covid-19 ini. Salah satu merk vitamin C berbentuk tablet larut sangat laris di apotik, orang yang tidak terbiasa minum jamu mendadak terpaksa minum jamu, atau bahkan mendadak bahan ini itu ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tentu saja kopi sempat menjadi salah satu kabar bahwa kopi dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mengulas lebih dalam apakah kopi ini memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kangkopi akan bahas di tulisan kali ini. Tapi sebelumnya, apakah anda sudah minum kopi hari ini? Apakah masih merasa sakit perut jika minum kopi? Jika masih sakit perut saat minum kopi, coba deh baca artikel sebelumnya tentang masalah sakit perut saat minum kopi.

Anda pasti mengetahui kandungan yang terdapat pada kopi, ya betul kafein. Menurut  copemanhealthcare.com , ternyata kafein dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tentu saja ini bergantung dari kadar kebutuhan kafein tiap orang berbeda-beda. Namun konsumsi kafein yang berlebih juga tidak bagus untuk tubuh, perlu dinetralisisr dengan minum air putih dan makan buah-buahan, selain itu kafein dalam kopi juga bisa menyebabkan insomnia. Melansir The Health Site, kafein dalam kopi dapat memblokir reseptor adenosin di otak. Melansir laman Copeman Health Care, minum kopi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya. Ahli gizi Ashley Reaver juga mengatakan, kandungan antioksidan dalam kopi membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu memerangi inflamasi. 
"Secangkir atau dua cangkir kopi per hari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh," ucap Reaver, dilansir dari laman theraflu.
Hal tersebut juga telah dibuktikan dalam riset yang diterbitkan Pharmacology & Therapeutics di tahun 2006. Dalam riset tersebut, terungkap bahwa kafein dalam kopi dapat menekan produksi sitokin pro-inflamasi yang memiliki manfaat antibodi sehingga berefek positif pada pasien dengan penyakit radang kronis seperti radang sendi atau psoriasis. 

Kafein dalam tubuh tentu saja sangat bermanfaat untuk tubuh, namun kita harus mampu mengendalikan diri dalam mengonsumsi kafein tersebut. Serta tetap menjaga perilaku dan budaya hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Sumber:
https://health.kompas.com/read/2020/03/23/120000068/kopi-dapat-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-kok-bisa-?page=all
https://majalah.ottencoffee.co.id/kopi-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-dan-imunitas-tubuh/
https://kesehatan.kontan.co.id/news/amazing-minum-kopi-bisa-meningkatkan-daya-tahan-tubuh
copemanhealthcare.com

0 komentar:

Selamat Menikmati Kopi Bersama kangkopi