Pernah tidak, setiap akan bertemu dengan orang pasti janjiannya "Ngopi yuk". Dan bagi orang yang tidak biasa ngopi pasti mikir ota...

Agar Tidak Sakit Perut Saat Ngopi

Agar Tidak Sakit Perut Saat Ngopi

Agar Tidak Sakit Perut Saat Ngopi

8 10 99
Minum Kopi kangkopi


Pernah tidak, setiap akan bertemu dengan orang pasti janjiannya "Ngopi yuk". Dan bagi orang yang tidak biasa ngopi pasti mikir otak atau tanya balik, "menu selain kopi ada gak?" , atau jawaban agak terpaksa seperti ini "hmmmmm oke ngopi ya." Ada beberapa orang sebenarnya ingin minum kopi, tapi takut sakit perut (mulas) atau malah ada juga yang asam lambung, ada pula yang memang benar-benar tidak suka kopi. Nanti pada waktunya akan kangkopi posting tentang bagaimana pemula memulai minum kopi.

Kali ini kangkopi akan membahas tentang sakit perut yang dialami saat minum kopi. Apakah kangkopi tidak merasakan sakit perut saat ngopi? Eh, kata siapa? Kangkopi sakit perut juga. Nah sakit perut ini bergantung dari yang dialami masing-masing ya. Karena mungkin tiap orang beda-beda, ada yang mulas, ada yang asam lambung. Kalau kangkopi bagaimana? Kalau kangkopi sih mulas pastinya dan ini bukan malapetaka menurut kangkopi pribadi. Ya memang masing-masing orang pasti merasakan berbeda-beda.

Lalu, sakit perut ini diakibatkan oleh apa? Kenapa ada asam lambung, kenapa ada mulas? Ada beberapa hal yang mempengaruhinya.

Perut Mual

Menurut artikel terbitan jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition pada tahun 2006 kopi dapat merangsang produksi asam lambung, karena kandungan asam Clorogenat pada kopi. Beberapa dokter memang tidak menyarankan bagi penderita asam lambung akut untuk meminum kopi, karena dapat memicu terjadinya asam lambung yang lebih parah. Namun memang ada beberapa orang yang asam lambung ringan tetap berani untuk minum kopi, ya karena memang kebutuhan, dan mampu megontrol diri dalam minum kopi, tentu saja dalam hal takaran kopinya. Untuk yang memiliki asam lambung biasanya tidak membiarkan perut kosong sebelum minum kopi, karena ini akan cepat memacu terjadinya asam lambung.

Perut Mulas

Hal ini yang sangat menarik bagi kangkopi, meminum kopi hitam membuat kangkopi mulas. Terkadang hal ini kangkopi jadikan trik untuk mengosongkan perut yang kekenyangan atau bega. Mengapa bisa seperti itu? Kopi mengandung kafein, dan beberapa zat kimia lainnya yang dapat menimbulkan kerja usus menjadi cepat. Sehingga isi perut terkesan langsung lega ketika selesai membuang efek mulas tersebut. Menurut U.S National Library of Medicine, itu adalah proses kontraksi otot seperti gelombang yang memindahkan makanan ke tempat pemrosesan yang berbeda di saluran pencernaan. Dengan kopi, proses ini terjadi jauh lebih cepat, yakni empat menit setelah Anda meminumnya. Memang bagi beberapa orang tidak nyaman, tapi ada juga yang biasa aja mengalami hal ini seperti kangkopi.


Jadi bagaimana agar tidak sakit perut saat minum kopi? Pertama, ketahui kondisi diri sendiri, apakah memiliki gangguan asam lambung, jika iya maka kontrol dalam mengonsumsi kopi. Kedua, pastikan perut tidak dalam keadaan kosong karena apabila kondisi perut kosong, maka tidak ada bahan makanan yang diproses oleh asam di lambung, sehingga asam yang berlebih dapat menyebabkan asam lambung. Ketiga, jangan mencampurkan susu dengan kopi, hal ini mungkin akan lumrah bagi beberapa orang, namun akan terjadi Intoleransi laktosa ketika tubuh tidak dapat mencerna dan menyerap laktosa yang ada di dalam susu yang dapat mengakibatkan sakit perut, mulas, perut kembung, dan diare. 

Sumber :

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/06/25/481/1913682/minum-kopi-bikin-sakit-perut-ini-3-kemungkinan-penyebabnya

https://www.liputan6.com/health/read/4051715/langsung-sakit-perut-setelah-minum-kopi-di-pagi-hari-ini-penyebabnya

0 komentar:

Selamat Menikmati Kopi Bersama kangkopi